Kapan Otak Manusia Berkembang Optimal?


Selama satu dasawarsa terkahir, orang begitu percaya otak manusia tumbuh optimal saat usia dini dan tidak terlalu berharap paa perkembangan otak manusia saat dewasa. Tapi kini para ahli menenemukan hal yang sebaliknya.
Sebagian besar orang berpikir dirinya akan memiliki kematangan berpikir saat usia 21 tahun. Namun saat ini hal tesebut tidak terbukti, karena otak terus berkembang dan mencapai kematangannya saat seseorang berusi 40-an tahun.
Hasil studi scan otak telah mennunjukan bahwa korteks prefrontal, yaitu daerah otak yang tepat berada dibelakang dahi akan terus mengalami perubahan bentuk dan berkembang sampai ia berusia 30-an hingga 40-an tahun. Hasil temuan ini sangat signifikan karena korteks prefrontal adalah area utama dari otak dan sering dianggap sebagai kunci pembentukan seorang manusia. Daerah ini berkaian dengan pengambilan keputusan, interaksi social dan sebagian besar cirri kepribadian lainnya. “selama sekitar 10 tahun yang lalu, kita sering mengasumsikan bahwa otak manusia berhenti berkembang saat usia dini. Tapi sekarang kita mengerti dan memiliki kebenaran baru bahwa otak manusia terus berkembang selama beberapa decade”.
Professor Sarah menuturkan area oak yang perkembangannya berjalan paling panjang adalah bagian depan otak yaitu korteks prefrontal bagian kanan. Bagian otak ini terlibat dalam fungsi kognitif yang tinggi serta berkaitan  dengan pemahaman terhadap orang lain. “ daerah otak ini mulai berkembang pada anak usia dini, lalu mengalami reorganisasi di akhir masa remaja dan terus berkembang dengan baik hingga seorang berusia 30-an dan 40-an tahun,” ungkapnya.

Facebook Twitter RSS