Kriteria memilih ISP


 Ada beberapa kriteria untuk memilih ISP, yaitu;

1.      Kecepatan Transfer data
Kecepatan transfer data dari sebuah komputer Server di Internet ke komputer kalian Sangat bergantung pada kecepatan transfer data dari provider yang digunakan. Satuan kecepatan transfer data adalah byte per scond (bps) artinya yaitu banyak bit data yang dapat dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain dalam satu detik. Umumnya ISP memakai modem  28, 8; 33, 6; atau 56 Kbps. Sayangnya kecepatan modom di Indonesia masih berkisar antara 9, 6-28,8 Kbps. Tapi kalau menggunakan Integrated Sevices Digital Network (ISDN) akan lebih cepat tapi sayang mahal tarifnya. Pergunakanlah modem dengan kecepatan yang sama atau lebih tinggi dari milik ISP karena KTD akan mengikuti kecepatan terendah agar menghindari kesalahan. Berikut ini tabel kecepatan transfer data.

Tabel 3.1 Kecepatan Transfer Data
kecepatan
Simbol
keterangan
Aplikasi
1.000 bit/s
1 kbits/s atau 1 kbps
1 kilobit atau seribu bit per detik
Rata-rata kecepatan inernet dial-up di Indonesia saat ini adalah 56 Kbps
1.000.000 bit/s
1Mbit/s atau 1 Mbps
1 megabit atau sejuta bit per detik
Kecepatan transfer data melalui  komunikasi nirkabel (wieless) pada 2,4 Ghz adalah 2 Mbps sedangkan kecepatan sebuah switch standar adalah 100 Mbps
1.000.000.000 bit/s
1 Gbit/s atau 1 Gbps
1 gigabait atau semilyar bit per detik
Kecepatan sebuah switch  dengan teknologi gigabit adalah 1 Gbps
1.000.000.000.000bit/s
1 Tbit/s atau 1 Tbps
1 terabait atau setriliun bit per detik
Belum ada

2.                  Bandwidth
            Bandwidth adalah lebar saluran data yang dilewati secara bersama-sama oleh data-data yang ditransfer. Bandwidth dapat diibaratkan berapa lebar jalan yang akan dilewati mobil secara bersamaan. Semakin banyak banyak mobil yang lewat maka semakin lambat laju mobil, dan semakin besar lebar jalan semakin cepat laju mobil. Bandwith terbesar yang dimiliki ISO di Indonesia sebesar 3 Mb. Kita harus tahu bandwith yang dimiliki ISP agar kita dapat mengetahui kemampuan ISP tersebut mentrensfer data.

3.      Mempunyai Server Proxy
            Server Proxy adalah sebuah indeks yang menyimpan alamat-alamat favorit pelanggan, dengan adanya server proxi, pelanggan data mengakses web favoritnya dengan lebih cepat. Jika pelanggan mengunjungi web favoritnya, pelanggan tak perlu lagi terhubung langsung dengan Server web tersebut. Server Proxy akan menghemat penggunaan bandwith, meningkatkan keamanan, dan menambah kecepatan web-surfing.

4.      Mempunyai Backbone
            Backbone adalah saluran koneksi utama jaringan ISP dengan Internet. Pembuatan sebuah backbone membutuhkan teknologi yang tinggi dan dana yang besar. Maka dari itu, kebanyakan ISP menyewa bacbone dari perusahaan lain atau menggunakannya  bersama-sama dengan ISP yang lain. Penggunaan backbone secara bersama-sama dapat mengurangi kecepatan tapi menghemat biaya karena backbone rata-rata berkapasitas 512 Kbps-3Mbps.

5.      Keamanan Data
            Transaksi di Internet rawan dengan perusakan, pembajakan, penyadapan, penyusupan ilegal dan cenderung negatif. Kegiatan itu disebut phreaking dan cracking, pelakunya disebut phreaker dan cracker. Tapi ada juga yang melakukannya untuk tujuan mempelajari suatu system yang disebut hacking dan yang menjalankannya disebut hacker. Maka dari itu, Kita perlu tahu apakah ISP menggunakan firewall untuk menjamin keamanan transaksi online yang kita lakukan

6.      Biaya
            Biaya merupakan factor utama dalam memilih ISP. Kalian harus mengetahui sistem pembayarannya, biaya akses, dan pulsa telepon. Namun, ada beberapa ISP yang memberikan pembayaran paket. Sistem paket biasanya akan lebih murah dari sistem pembayaran per waktu pemakaian.

7.      Teknologi Yang Digunakan
            Ada beberapa ISP yang memberikan layanan koneksi dial-up dengan menggunakan teknologi kompresi data. Ada juga yang menggunakan teknologi HDSPA (High Downlink Packet Access) yang kecepatan aksesnya hinggga 2,6 Mbps.

8.      Layanan pelanggan
            Kalian  harus mencari ISP yang memiliki layanan pelanggan yang melayani 24 jam sehari


Facebook Twitter RSS